Basic Control System


BASIC CONTROL SYSTEM

Apakah yang dimaksud dengan Sistem Kendali?

Matakuliah ini berjudul “Dasar Sistem Kendali” (Basic Control Systems) atau juga sering disebut Dasar Sistem Kontrol disajikan sebagai matakuliah wajib bagi seluruh peserta didik dalam bidang Teknik Elektro, termasuk juga Elektro IT Telkom. Elektro di IT Telkom dengan mempelajari dasar-dasar mengenai sistem kendali, selanjutnya peserta didik yang berminat mengembangkan karir-nya sebagai teknisi atau insinyur Elektro yang punya spesialisasi sistem kendali (Control Engineer) dapat memperdalam lebih lanjut penguasaannya pada bidang Teknik Kendali. Sedangkan mereka yang tidak ber-karir dalam bidang Teknik Kendali dapat memperluas wawasan mereka mengenai bidang-bidang lain Teknik Elektro di luar spesialisasinya masing-masing.

Dasar Sistem Kendali/ Dasar Sistem Kontrol, yang merupakan fokus pengkajian bidang Teknik Kendali, pada umumnya digambarkan sebagai sistem apa saja (tidak terbatas hanya sistem-sistem yang terkait langsung dengan bidang kajian Teknik Elektro) yang dapat di-identifikasi atau ditengarai terdiri dari minimal 2 (dua) bagian utama, yaitu:
1. Bagian (atau Sub-Sistem) Kendalian atau yang dikendalikan (Plant), yang bisa merupakan peralatan, perangkat, atau proses yang menghasilkan luaran (output, hasil, produk, isyarat luaran, output signal) karena dikendalikan oleh bagian pengendali.
2. Bagian (atau Sub-Sistem) Pengendali (Controller), yang juga bisa merupakan peralatan, perangkat, atau proses yang menghasilkan isyarat kendali (control signal) untuk mengendalikan kendalian.
Jadi secara konseptual, konfigurasi dari sistem kendali dapat digambarkan seperti pada Gambar 1. Selain isyarat luaran (output signal) dan isyarat kendali (control signal) suatu sistem kendali sering dilengkapi (walau pun tidak harus demikian) dengan isyarat umpan-balik (feedback signal) yang dalam operasinya dibandingkan dengan suatu isyarat masukan acuan (reference input signal) atau perintah (command) atau set-point, agar pengendali dapat menghasilkan isyarat kendali yang mengendalikan kendalian sampai menghasilkan luaran yang diharapkan. Dasar sistem kendali/ Dasar sistem kontrol demikian biasa dikategorikan sebagai Sistem Kendali (dengan) Umpan-Balik (Feedback Control Systems). Tidak semua sistem kendali merupakan sistem kendali dengan umpan-balik, banyak juga sistem kendali yang beroperasi tanpa umpan-balik.

Dengan batasan atau definisi sistem kendali sebagaimana yang diuraikan di atas, dengan mudah kita dapat meng-identifikasi berbagai sistem kendali yang beroperasi di sekeliling kita dalam kehidupan sehari-hari. Pesawat penerima siaran televisi, misalnya dapat diidentifikasi sebagai suatu sistem kendali, dengan pesawat televisi-nya sebagai bagian kendalian dan perangkat remote-control yang dipegang oleh salah seorang pemirsa sebagai bagian pengendali-nya. Gerakan jari-jari si pemegang remote-control diterjemahkan sebagai isyarat kendali, sedangkan apa yang dilihat di layar televisi merupakan luaran sekaligus isyarat umpan balik.

Contoh lain dari suatu perangkat yang dapat di-identifikasi sebagai suatu sistem kendali adalah perangkat penyejuk ruangan (Air Conditioning Unit, AC). Luaran yang diharapkan akan dihasilkan adalah suhu ruangan yang sejuk. Perangkat AC ini akan menyala bila suhu ruangan memanas, dan akan padam jika sudah cukup sejuk. Pengguna cukup mengatur “set-point” suhu ruangan yang diinginkan pada bagian pengendali (ada juga yang berupa remote control seperti pada pesawat televisi), kemudian suatu sistem kendali yang disebut “thermostat” akan mengatur nyala dan padam-nya pendingin ruangan secara otomatis. Suatu sistem kendali yang peran manusia di dalam operasi-nya sangat kurang atau tidak ada (terbatas hanya pada pengaturan set-point atau isyarat masukan acuan saja) – seperti pada sistem AC di atas – disebut sistem kendali otomatis (automatic control systems), sedangkan sistem kendali yang peranan manusia dalam peng-operasiannya sangat besar – seperti pada sistem penerima televisi dengan remote-control yang diuraikan sebelumnya – disebut sistem kendali manual (manual control systems). Pesawat terbang modern umumnya dapat dikemudikan secara otomatis dengan sistem auto-pilot sehingga seorang pilot tinggal memasukkan data-data penerbangan ke dalam suatu sistem komputer, kemudian tinggal mengawasi pesawatnya tinggal landas dan mendarat secara otomatis (peristiwa World Trade Center 11 September 2001 memperlihatkan bahwa suatu pesawat terbang dapat secara otomatis diarahkan untuk terbang menabrak gedung pencakar langit secara akurat, atau mendarat di gedung Pentagon).

Dengan demikian, bagi seorang ahli Teknik Kendali (Control Engineer), banyak hal dalam hidup ini yang dapat dilihat sebagai suatu sistem kendali. Dalam analisis dan desain sistem-sistem kendali amat penting terlebih dahulu meng-dentifikasi mana bagian yang menjadi sub-sistem kendalian (plant) dan mana yang menjadi sub-sistem pengendali (controller) dalam sistem kendali yang sedang di-analisis atau di-desain tersebut. Biasanya lebih mudah meng-identifikasi terlebih dahulu sub-sistem kendalian-nya, yaitu sub-sistem yang menghasilkan luaran (output). Setelah itu, dengan mudah dapat diketahui (isyarat) kendali (control)-nya, yaitu yang menjadi masukan (input) dari sub-sistem kendalian. Isyarat kendali ini dihasilkan dari bagian atau sub-sistem pengendali berdasarkan masukan acuan dan umpan-balik, sedemikian rupa sehingga jika diberikan pada bagian kendalian, akan dihasilkan luaran yang diharapkan. Dalam sistem kendali pada umumnya, bagian kendalian sudah “given” (tersedia apa adanya), tidak bisa “diapa-apakan” lagi sehingga pada dasarnya suatu pengendali dirancang untuk menghasilkan isyarat kendali yang sesuai supaya kendalian menghasilkan luaran yang diharapkan.

Semoga bacaan ini bermanfaat bagi para pengunjung dan mohon commentnya ya 😀

Edited by : Ade Christian Sirait

3 Comments to “Basic Control System”

  1. Nice, love control Engineer

  2. nice info..:)

    btw boleh minta contoh lain gak bang??
    aku lagi ada tugas nih..
    contoh system control yang dianalisa menggunakan matlab gt..
    kalau ada,tolong kirim ke email aku yah..
    thx,,,

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.