Electro IT Telkom


ELECTRO IT TELKOM

Mahasiswa Teknik Elektro IT Telkom

TEKNIK ELEKTRO – S1

Banyak calon mahasiswa bingung tentang Teknik Elektro itu sendiri. Penjelasan ini juga akan sangat membantu calon mahasiswa yang ingin melanjut kuliah di IT Telkom yaitu teknik elektro IT Telkom. Konsorsium Ilmu-Ilmu teknik di Indonesia telah menetapkan pada tahun 1995 bahwa Program Studi Teknik Elektro (Electrical Engineering) mempunyai 5 (lima) konsentrasi bidang kajian, yaitu:

1. Teknik Energi Listrik (Electrical Power Engineering)
2. Teknik Telekomunikasi (Telecommunication Engineering)
3. Teknik Elektronika (Electronic Engineering)
4. Teknik Kendali (Control Engineering)
5. Teknik Komputer (Computer Engineering).

Nah, konsentrasi ini berbeda dengan Program studi teknik elektro di IT Telkom. Konsentrasi ini telah dibagi saat calon mahasiswa mengikuti ujian saringan masuk IT Telkom.

Untuk Teknik Elektro IT Telkom, pembagiannya sebagai berikut :

Jurusan :
1. Teknik Elektro (Electrical Engineering)

Teknik Elektro itu sendiri konsentrasinya dibagi menjadi :

1.1 Teknik Energi Listrik (Electrical Power Engineering)
1.2 Teknik Elektronika (Electronic Engineering)
1.3 Teknik Kendali (Control Engineering)

2. Teknik Telekomunikasi (Telecommunication Engineering)

3. Teknik Komputer (Computer Engineering)

Istilah “kendali” sebagai terjemahan baku dari istilah “control” dalam bahasa Inggris baru ditetapkan pada Kongres MASDALI (Masyarakat Sistem Kendali Indonesia) pada tahun 1996 di Bandung, sehingga dalam ketetapan aslinya pada tahun 1995, Konsorsium Ilmu-Ilmu Teknik masih menggunakan istilah “Teknik Kontrol”. Memang sebelum dibakukan oleh MASDALI, banyak istilah dalam Bahasa Indonesia yang mempunyai pengertian sama:

Control Systems: Dasar Sistem Kendali, Sistem Pengaturan, Sistem Pengendalian, Dasar Sistem Kontrol

Control Engineering: Teknik Kendali, Teknik Mengatur, Teknik Pengaturan, Teknik Pengendalian

Bidang Teknik Kendali masih tercakup dalam Program Studi Teknik Elektro IT Telkom hanya karena alasan sejarah, banyak nama besar dalam bidang ini pada masa lalu yang berlatar-belakang Teknik Elektro. Pada masa kini aplikasi Teknik Kendali sudah meliputi berbagai bidang, baik dalam lingkup ilmu-ilmu keteknikan (rekayasa, engineering) di luar Teknik Elektro, seperti Teknik Mesin (Mechanical Engineering), Teknik Fisika (Engineering Physics), Teknik Kimia (Chemical Engineering) dan lain-lain, mau pun dalam bidang ilmu-ilmu non-Teknik, bahkan ilmu manajemen dan pemerintahan.

Teknik Kendali (Control Engineering) adalah bidang ilmu keteknikan yang mempelajari dasar sistem kendali bahkan untuk yang lanjut (Control Systems).

Walaupun demikian, keterkaitan bidang Teknik Kendali dengan konsentrasi lainnya dalam Program Studi Teknik Elektro IT Telkom (Elektro IT Telkom) pun masih sangat erat. Misalnya dari konsentrasi Teknik Energi Listrik, mesin-mesin listrik dan sistem pengendalian beban sering dimodelkan dengan konsep Teknik Kendali. Peralatan dalam bidang Teknik Telekomunikasi yang memanfaatkan konsep kestabilan sistem kendali dalam perancangannya misalnya pada osilator. Perangkat pemandu (“tracking”) arahan antenna, posisi satelit, PLL (Phase Locked Loop) dan AGC (Automatic Gain Control) adalah beberapa contoh saja dari penerapan konsep sistem kendali dalam sistem-sistem telekomunikasi. Dari konsentrasi Teknik Elektronika, sistem instrumentasi elektronika umumnya merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari sistem kendali, sedangkan pada sistem-sistem kendali digital, Teknik Komputer berperan dalam rancangan pengendali digital (digital controller).

TEKNIK ELEKTRO – S2 & S3

Teknik Elektro IT Telkom sebagai sebuah institute yang sebelumnya adalah sekolah tinggi, belum memiliki program studi S2 dan S3 Teknik Elektro itu sendiri. Untuk Departemen Teknik Elektro IT Telkom yaitu jurusan Teknik Telekomunikasi sudah memiliki program studi S2. Setiap Departemen Teknik Elektro di Indonesia pada umumnya memiliki visi untuk menjadi institusi pendidikan dan riset yang memiliki standar tinggi dibidang teknik elektro. Untuk mencapainya, ditetapkan misi Departemen Teknik Elektro untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing tidak hanya di pasar nasional. Lulusan Departemen Teknik Elektro diharapkan dapat merespons perkembangan teknologi keteknikan melalui dukungan proses pendidikan yang terbaik, dukungan organisasi dan manajemen yang baik serta standar kompetensi internasional dari para staf pengajar dan reputasi internasional dalam kegiatan riset.

Program Studi Ilmu Elektro memiliki delapan bidang kekhususan:

1. Kontrol Industri (S2) & Teknik Kontrol Industri (S3)
2. Desain VLSI & Embedded System (S2) & Perancangan VLSI (S3)
3. Elektronika Divais (S2 & S3)
4. Teknik Ketenagalistrikan & Energi (S2) Tenaga Listrik (S3)
5. Teknik Telekomunikasi (S2 & S3)
6. Jaringan Informasi dan Multimedia (S2 & S3)
7. Manajemen Telekomunikasi (S2 & S3)
8. Manajemen Ketenagalistrikan & Energi (S2)
9. Aplikasi Mikroprosesor (S3)
10. Optoeloktroteknika & Aplikasi Laser (S2)

Jadi, untuk mahasiswa yang telah selesai menempuh kuliah S1 dapat lebih memfokuskan diri pada pilihan dunia elektro dengan bidang kekhususan masing-masing.

Semoga bacaan ini bermanfaat bagi para pengunjung dan mohon commentnya ya 😀

edited by: Ade Christian Sirait

One Comment to “Electro IT Telkom”

  1. Boleh minta penjelasan lebih tentang yang teknik telekomunikasi?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.